Sabtu, 17 November 2012

MAKESTA PONPES MA'AHIDUL 'IRFAN

Sekilas Tentang Makesta
(Masa Kesetiaan Anggota)
IPNU IPPNU
PONDOK PESANTREN MA'AHIDUL 'IRFAN SOROPATEN 
 
 

Makesta adalah sebuah pendidikan jenjang awal dalam sistem kaderisasi formal IPNU yang menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU yang sah. dengan tujuan Sebagai gerbang awal untuk menciptakan anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yang ideologisasi yang memiliki kesetiaan kepada organisasi. Melalui pengenalan organisasi IPNU kepada calon anggota yang diarahkan kepada perubahan mentalitas, keyakinan dan sikap persaudaraan serta kecintaan kepada organisasi. selain tujuan di ats, Makesta Juga bertujuan untuk:
  1. Menumbuhkan keyakinan tentang kebenaran Islam Ahlus-sunnah waljamaah sebagai satu-satunya sistem yang berkesinambungan untuk melanjutkan da’wah islamiyah.
  2. Memberikan pemahaman tentang NU sebagai wadah perjuangan Islam Ahlussunnah Waljamaah di Indonesia.
  3. Meyakinkan kepada calon anggota bahwa IPNU merupakan organisasi pelajar yang tepat sebagai sarana perjuangan da’wah Islamiyah.
  4. Mengenal dan memahami organisasi IPNU sebagai Banom NU serta memahami isi materi organisasi IPNU (PD/PRT, PO dan lain lain)
  5. Menumbuhkan wawasan dan kemampuan dasar berorganisasi.

harapan dari pelaksanaan Makesta adalah sebagai berikut:
  1. Anggota yang faham nilai keislaman dan perjuangan Islam yang dikembangkan dan diperjuangkan oleh NU (al-islam ahlussunnah wal jamaah)
  2. Peserta menjadi anggota resmi dan melibatkan diri di kegiatan IPNU
  3. Anggota faham tentang gerakan IPNU dan hubungannya dengan NU, Badan Otonom serta Lembaga NU.
  4. Anggota mempunyai kesadaran tinggi akan pentingnya organisasi.
  5. Anggota faham tentang cara berorganisasi yang baik.

Sedangkan Indikator dari pelaksanaan Makesta adalah sebagai berikut:
  1. Anggota dapat menjelaskan dan melaksanakan nilai-nilai keislaman ahlussunnah waljamaah dan organisasi NU sebagai wadah perjuangannya.
  2. memiliki sertifikat dan atau KTA
  3. Anggota dapat menjelaskan keberadaan dan perjuangan IPNU.
  4. Anggota aktif terlibat dalam kegiatan IPNU
  5. Anggota dapat mengartikulasikan gagasan dengan baik
  6. Nuansa persaingan sehat antar peserta/ kelompok untuk menjadi yang terbaik di MAKESTA semakin ketat, sehingga mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik diantara peserta MAKESTA
Pondok Pesantren Ma'ahidul 'Irfan adalah sebuah Pondok PEsantren di Magelang yang telah menyiapkan satri-santrinya ke dalam jenjang kader NU dengan melaksanakan Makesta yang telah berlangsung pada 20 Mei 2012 silam.
da di bawah ini adalajh sebagian momentum dalam acara Makesta yang telah diselenggarakan selama sehari tersebut. Memang Makesta di pondok pesantren ma'ahidul 'irfan hanya berlangsung sehari, dan untuk materi yang belum disampaikan pada tanggal 20 Mei 2012 tersebut rencananya akan diberikan pada sekitar bulan Januari 2013 nanti.
























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar